Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang Paling Cepat 2019

Lainnya ♦ 24 January 2019 - 21:18 WIB

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang Via Online

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang Via Online – Halloooo Sobat… bagaimana kabarnya hari ini ? Mimin harap kabar baik selalu menyelimuti ya.. Oiya, jumpa lagi dengan website ini, kali ini Mimin akan mengulas tentang salah satu fasilitas dalam kesehatan yang telah diberikan Pemerintah, apakah itu ? BPJS, iya betul.

Mimin yakin para Sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BPJS. Seperti yang kita ketahui BPJS adalah kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Yang artinya sendiri adalah Badan Hukum Publik yang mana bertanggung jawab langsung kepada Presiden serta bertugas sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional atau biasa yang disebut dengan JKN bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jaminan ini diberikan terutama bagi mereka yang menjadi Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiunan PNS, TNI/Polri, Veteran, Perintis Kemerdekaan dan keluarganya. Namun tidak hanya itu saja sobat, bahkan sekarang BPJS juga sudah banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan yang memperkerjakan karyawannya minimal selama 6 bulan. Nah tau kah sobat, aturan ini tertuang juga dalam pasal 14 UU tentang BPJS.

Jadi sobat, Perusahaan-perusahaan ini yang mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS. Nah bagi masyarakat yang tidak termasuk pekerja dari sebuah perusahaan bisa mendaftarkan diri bersama anggota keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Landasan Hukum yang mengatur

Bahkan tidak hanya itu saja sobat, di Indonesia ini juga telah mempunyai landasan yang mengaturnya, diantaranya:

  1. UUD 1945
  2. UU No. 24 Tahun 2011 Tentang BPJS
  3. UU No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional pasal 5 ayat 1 dan Pasal 52

Nah itulah landasan hukum yang mengatur tentang jaminan ini sobat. Oiya Sobat, BPJS Kesehatan ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Askes atau  merupakan kepanjangan dari Asuransi Kesehatan. Askes ini dikelola oleh PT Askes Indonesia dari Persero. Nah perubahan nama dari Askes ke BPJS ini dilakukan sejak tanggal 1 Januari 2014. Hal tersebut sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Macam-macam BPJS

Oiya Sobat, BPJS ini sendiri juga dibagi menjadi 2 macam,

BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah Mimin jelaskan di atas, merupakan Badan Hukum yang  digunakan untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Oiya sobat, jaminan kesehatan yang diperoleh masyarakat diberikan kepada mereka yang telah membayar iuran atau iuran yang telah ditanggung oleh pemerintah berwajib. Sedangkan tarifnya berbeda-beda sobat, tergantung fasilitas yang diberikan. Untuk itu berikut Mimin jelaskan mengenai tarif dari iuran jaminan BPJS. Tarif ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 19 tahun 2016, sebagai berikut :

  1. Kelas I sebesar Rp. 80.000
  2. Kelas II sebesar Rp. 51.000
  3. Kelas III sebesar Rp. 25.500

Pembayaran ini dilakukan per orang yang jatuh tempo pada setiap tanggal 10. Bagi pekerja yang telah mendapatkan jaminan kesehatan dari perusahaan, ia tidak perlu pusing-pusing memikirkan biaya seperti di atas, karena sudah jelas ditanggung oleh perusahaan tempat dimana dia bekerja, sungguh nyaman bukan ?

BPJS Ketenagakerjaan

Merupakan jaminan yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja dan untuk mengatasi resiko sosial ekonomi penyelenggaranya. Resiko sosial itu seperti kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit. BPJS juga akan memberikan santunan apabila penyelenggaranya mengalami cacat.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Nah setelah mendapatkan penjelasan terkait BPJS, sekarang apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftarkan sobat, oiya pendaftaran ini bisa juga dilaksanakan secara online lho ya, bisa juga datang langsung ke kantor terdekat. Syarat-syarat mendaftarnya meliputi

  1. KK (kartu keluarga)
  2. KTP yang masih berlaku
  3. NPWP
  4. Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 buah
  5. Email yang bisa dihubungi
  6. Nomor Rekening Bank untuk membayar premi

Setelah semua syaratnya terpenuhi, kini sobat mendapatkan kartu BPJS yang di dalamnya juga berisi nomor dari kartu tersebut. Nah sekarang bagaimana jika ternyata sobat lupa atau bahkan nomor dari Kartu BPJS tersebut hilang?

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan Secara Online atau Lewat Internet

Oke sobat, tidak usah bingung pusing tujuh keliling. Disini Mimin juga akan berbagi bagaimana caranya mengetahui nomor kartu BPJS dengan mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Dengan menggunakan Kartu BPJS salah satu anggota keluarga
  • Setelah itu buka situs resmi bpjs-kesehatan.go.id lalu cek pembayaran tagihan
  • Selanjutnya masukkan data seperti No. BPJS dan Tanggal lahir (gunakan BPJS salah satu keluarga), setelah itu akan muncul angka validasinya
  • Nah setelah data sudah terisi, tekan tombol cek, lalu sistem akan melakukan proses pengecekan pada data yang dimasukkan
  • Yang terakhir, jika data yang dimasukkan benar, selanjutnya sobat pasti akan melihat tampilan informasi data peserta BPJS
  • Melalui cara tersebut, sobat bisa melihat anggota keluarga sesuai KK yang sudah terdaftar yang disertai dengan nama peserta, no. peserta, bahkan jumlah biaya tunggakan.

Nah sobat, demikianlah ulasan penting mengenai BPJS dan bagaimana cara mengetahui apabila nomor dari Kartu BPJS itu lupa bahkan hilang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian .. Sampai jumpa..

Nilai Kualitas Konten

Bagikan Dong Pliss! :

Facebook Twitter Whatsapp