Cara Mengatasi Windows Error Recovery Pada Windows 7,8 dan 10

Posted on

cara mengatasi windows error recovery

Cara Mengatasi Windows Error Recovery – Pernahkah laptop atau komputer kalian mengalami windows eror recovery pada windows 7, 8 atau 10? Biasanya laptop atau pc yang mengalami windows eror recovery adalah komputer tersebut baru saja mati mendadak. Mati mendadak entah karena disebabkan aliran listrik yang tiba-tiba mati atau pemadaman, laptop low batre atau bisa jadi kalian mematikan laptop atau komputer kalian secara paksa melalui tombol power.

Yups, Windows Recovery ini muncul sebagai tanda bahwa ada sebagian sistem dalam komputer atau laptop kalian mengalami kerusakan. Kerusakannya karena apa? Bisa jadi kerusakan adalah akibat dari laptop atau komputer yang sering dimatikan secara mendadak.

Mungkin kalian bertanya mengapa muncul tulisan error recovery di windows 10 atau windows yang lainnya seperti 7 dan 8? Pada dasarnya jika laptop ataupun pc kalian dimatikan on menjadi off secara paksa, maka yang terjadi muncul error recovery.

Biasanya mimin juga suka mematikan laptop secara mendadak ini karena aplikasi yang lemot dan mimin tidak sabar menunggu. Akhirnya laptop tersebut mimin matikan secara paksa. Tapi itu pengalaman yang tidak perlu dicontoh ya gan. Karena laptop atau komputer jika dimatikan paksa akan mudah rusak gan, baik itu rusak pada hardware maupun software-nya.

Dan bila perlu kamu bisa menggunakan UPS di komputer kalian, karena dengan memakai UPS pada saat mati lampu ada pem-back-up daya listrik yang masuk, sehingga Pc kalian tidak langsung mati mendadak. Sedangkan bagi yang menggunakan laptop sebaiknya harus menyisakan baterai agar bisa mematikannya secara normal.

Ciri-ciri dan cara mengatasi windows error recovery tanpa install ulang dan tanpa cd pada komputer windows 7, 8 dan 10

1. Muncul Layar Hitam ketika Menyalakan Laptop Atau Komputer.

Setelah laptop dan komputer kalian mengalami mati mendadak, lalu kalian kembali menghidupkan komputer tersebut, laptop kalian akan muncul layar hitam dengan beberapa macam tulisan yang dapat kalian pilih untuk masuk ke dalam windows.  Dan cara memperbaiki error ini silahkan kalian Pilih Start Windows Normally. Loading masuk windows akan berjalan sedikit lebih lama, tunggu saja beberapa menit hingga komputer dapat masuk ke dalam sistem windows.

cara memperbaiki windows error recovery

2. Muncul Pilihan launch start up repair

Sama dengan kasus diatas, ketika kalian menghidupkan kembali laptop atau komputer akan muncul layar hitam dan beberapa macam tulisan, namun tidak sama seperti nomor 1 ya. Pada kasus yang ke dua ini akan muncul pilihan baru launch start up repair. Meskipun pilihan Start Windows Normally masih muncul, mimin sarankan untuk memilih launch start up repair.

Sebab jika sudah muncul pilihan tersebut, dapat didiagnosa bahwa kerusakan yang terjadi pada windows lebih parah dari kasus sebelumnya. Oleh karenanya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara memilih launch start up repair lalu enter.

cara memperbaiki windows error recovery

Maka akan muncul tampilan windows lalu pilih startup repair. Otomatis proses akan berjalan untuk menemukan atau mendeteksi kerusakan yang terjadi pada laptop atau komputer kalian. Jika muncul file pada akhir proses pencarian maka dapat dipastikan file tersebut yang menjadi sumber permasalahan pada laptop kalian gan. Setelah itu klik finish sistem akan secara otomatis masuk pada windows.

Dan jika masih tetap windows error recovery di laptop atau pc kalian bisa menggunakan software lain yaitu CMD (Command Prompt). Dan kalian bisa ikut langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Silahkan ikuti step by step yang ada diatas
  • Kemudian silahkan buka software CMD
  • Untuk membukanya bisa ketik tulisan bcdedit / set (curent) bootstatuspolicy ignoreallfailures
  • Perhatikan tulisannya dan ikuti saja yah…
  • Lalu yang terakhir tinggal tekan tombol Restart.

3. Instal Ulang Windows

Apabila kedua cara diatas sudah ditempuh dan laptop masih saja mengalami windows eror recovery, maka langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah dengan cara menginstal ulang laptop tersebut. Instal ulang ini sangat disarankan ketika sistem yang terdapat pada laptop sudah tidak dapat berjalan lagi.

Salah satunya adalah laptop sering muncul tanda windows eror recovery. Tenang saja gan, menginstal ulang laptop tidak akan membahayakan laptop kalian. Instal ulang hanya aka memperbaharui sistem laptop kalian dalam keadaan baru.

Ibaratkan manusia dia hanya mengganti baju yang lama dengan baju yang baru. Hal terpenting dalam instal ulang semua dokumen yang terdapat pada sistem atau local disk: c akan terhapus semua ya gan, dan akan diganti menjadi yang baru. Jadi kalau mau instal ulang pastikan file-file penting kalian sudah dipindahkan dari local disk: c. Kalian bisa mengamankannya pada disk D atau juga bisa dipindahkan dalam Flasdisk.

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Terdeteksi di PC atau Laptop

Selamat mencoba, dan semoga tulisan cara mengatasi windows error recovery pada windows 7, 8 dan 10 dapat bermanfaat dan terimakasih juga agan dan aganwati bisa mampir di website orausah.com milik kami.

Cara Menggunakan 4liker – Mendengar seputar “Auto Like” sepertinya sih bukan sesuatu yang sangat asing bagi kita karena merupakan aplikasi dengan […]

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp – Pengin tahu lokasi atau posisi WA pacar, teman, pelakor bahkan orang lain atau […]

Cara Restart Hp Xiaomi – Pada saat ini smartphone Xiaomi merupakan gadget yang telah dilengkapi dengan teknologi yang canggih, dimana […]

Gravatar Image
Penulis konten web Orausah.com memberikan kesenangan terhadap diri sendiri, terlebih lagi konten yang dibuat bermanfaat bagi si pembaca.