Cara Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi atau Bermasalah

Posted on

cara memperbaiki port usb tidak berfungsi

Cara Memperbaiki Port USB Yang Tidak Berfungsi – Port USB (Universal Serial Bus) merupakan satu-satunya penghubung antara komputer atau laptop dengan perangkat peripheral seperti modem, mouse, keyboard dan memori external.

Jadi gak heran donk ya kalau port USB ini sering kali rusak alias gak berfungsi. Secara port USB ini pasti sering banget dipakai. Dalam sehari saja, kita bisa lepas pasang flashdisk berkali-kali ya guys.

Untuk laptop yang punya 2 port USB, masih terbilang aman kalau cuma 1 port USB gak berfungsi. Gimana kalau laptop yang cuma punya 1 port USB? Alamat gundah gulana deh gak bisa nyambungin flashdisk dan perangkat apapun ke laptop. Secara jalurnya sudah gak berfungsi.

Nah guys, kira-kira kalian pernah gak ngalamin yang namanya port USB gak berfungsi? Kalau pernah, langkah apa yang kalian lakukan?

Dalam kesempatan kali ini, aku akan berbagi tips atau cara memperbaiki port USB yang gak berfungsi. Tapi sebelum itu, kalian perlu cek dulu penyebab kerusakan pada port USB kalian guys.

Untuk mengecek penyebab kerusakan port USB coba kalian sambungkan flashdisk ke port USB, lalu lihat apakah ada notifikasi perangkat terpasang, kalau gak ada coba goyangkan pelan flashdisknya untuk mengecek apakah port USB nya longgar atau tidak.

Kalau ternyata port USB nya yang longgar ya langsung bawa ke tukang servis saja guys. Tapi kalo port USB nya aman-aman saja alias gak longgar, kamu bisa coba lakukan cara dibawah ini guys.

Cara Memperbaiki Port USB yang Tidak Berfungsi di Pc atau Laptop

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan dan dari cara tersebut tentunya akan bisa memberikan solusi para agan dan aganwati untuk membebaskan perkara USB port bermasalah.

Mungkin saja kalian akan merasa seperti dilema dalam hidup ketika pas ada tugas namun yang dibutuhkan tidak respon terhadap kepentingan Anda, seperti yang kalian alami saat ini yaknik Port USB tidak berfungsi.

Untuk menangani masalah tersebut tidak lain yang cara kami berikan sudah dicoba sebelumnya oleh tim kami, dan kamu bisa langsung mencobanya sambil membaca langkah-langkah dibawah ini.

Lihat juga : Cara Mengatasi CMD Yang Muncul dan Hilang Sendiri Secara Tiba-tiba

1. Restart Laptop

Langkah awal yang kalian perlu coba adalah dengan me-restart laptop. Dengan cara ini laptop akan melakukan scan pada software dan hardware.

Setelah di restart, coba sambungkan ulang flashdisk kalian. Apakah sudah berfungsi? Kalau belum, lanjut ke cara 2 guys.

2. Gunakan Device Manager

Cara berikutnya yang perlu kalian coba untuk memperbaiki port USB yang gak berfungsi yaitu dengan menggunakan device manager. Kalian masuk ke device manager, klik start lalu pilih run (kalau kalian menggunakan windows 7, klik start – control panel- hardware and sound- device manager).

Setelah device manager terbuka, pilih computer lalu kalian klik scan for hardware changes. Apakah port USB kalian sudah berfungsi? Kalau belum, lanjut ke cara 3 guys.

3. Uninstall USB Controllers

Untuk cara ini kalian perlu masuk ke device manager seperti cara nomer 2. Setelah device manager terbuka, kalian pilih universal serial bus controllers. Kemudian klik kanan pada usb controller lalu pilih uninstall. Lanjutkan dengan me-restart laptop kalian. Setelah laptop menyala, windows akan mendeteksi hardware dan melakukan reinstall secara otomatis.

4. Menonaktifkan Selective Suspend Feature

Selective suspend feature merupakan pengaturan power saving yang digunakan untuk menghemat baterai. Selective suspend feature ini bisa jadi salah satu penyebab port USB kalian gak berfungsi. Cara menonaktifkannya yaitu klik start – run lalu ketik regedit.

Setelah registry editor terbuka, kalian pilih tulisan HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\USB. Kalau disitu ada disable selective suspend, kalian klik 2 kali. Kalau gak ada, lakukan langkah ini :

  • Pilih new pada menu edit. Kemudian klik dword
  • Setelah itu ketikkan disable selective suspend lalu enter
  • Klik modify menu edit
  • Masukkan angka satu untuk menonaktifkan selective suspend feature lalu klik ok
    Setelah semua selesai, restart laptop kalian.

Baca juga : Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Hp Android

Nah guys, itu tadi tips dari aku yang bisa kalian coba. Intinya, jangan buru-buru dibawa ke tukang servis. Coba lakukan cara ini guys, kalau masih gak bisa berarti laptop kalian memang butuh di periksa sama ahlinya hehe. Semoga membantu dan selamat mencoba guys.

Cara Menggunakan Mendeley – Hai sahabat akdemisi. Kembali di atikel mimin lagi nih. Rasanya lama sekali mimin tidak membuat tulisan […]

Cara Bobol WiFi iD – Assalamualikum, salam sejahtera untuk kita semua. Masih tetap stay tune di website paling kece ini […]

Cara Mengetahui Password WiFi – Pada kesempatan ini tim orausah.com akan membahas cara membobol atau hack password wifi orang lain […]